Sakit Maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering membawa seseorang untuk datang kedokter mencari pertolongan medis. Sakit Maag yang membawa pasien datang kedokter kadang kala memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit Maag. Jika diteliti dari arti katanya sendiri Maag sendiri berasal dari bahasa Belanda artinya Lambung, maka orang yang mempunyai masalah dengan lambungnya akan merasakan bahwa dia mengalami sakit Maag. Kebanyakan orang sudah kenal dengan penyakit maag. Sehingga terkadang juga bisa mengantisipasinya bila terserang gejala penyakit ini. Dalam istilah kedokteran, penyakit maag disebut gastritis atau peradangan lambung. Untuk gejala yang lebih ringan sering disebut dengan dispepsia.

Secara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak nyaman disekitar ulu hati. Pasien dengan Dispepsia atau Sakit Maag ini juga biasanya datang dengan keluhan lain seperti rasa mual bahkan sampai muntah. Selain itu bisa juga timbul keluhan-keluhan lain seperti kembung cepat kenyang, nafsu makan yang berkurang, sering sendawa. Survey yang dilakukan pada masyarakat Jakarta tahun lalu yang melibatkan 1645 responden mendapatkan bahwa pasien dengan masalah sakit maag ini mencapai angka 60 %. Artinya masalah sakit maag ini memang ada di masyarakat dan tentunya harus menjadi perhatian kita semua.
Sindroma Dispepsia
Kumpulan gejala nyeri atau rasa tidak   nyaman di ulu hati, mual, muntah, rasa cepat kenyang, rasa penuh di lambung, kembung, atau sendawa.

Ditemukan pada:
– Gastritis (radang lambung)
– Tukak Peptik

Gastritis ( radang lambung )

  • peradangan pada mukosa lambung.
  • Ada 2 macam gastritis :
    • Akut
    • Kronis

Gangguan keseimbangan asam lambung merupakan dasar penting terjadinya gastritis. Gastritis dapat timbul tanpa diketahui penyebabnya.

Faktor pencetus :

  1. Makanan yang merangsang lambung
  2. Merokok
  3. Minum alkohol
  4. Kondisi stress
  5. Konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama
  6. Makan tidak teratur

Pengobatan:

  • Menetralkan asam lambung di dalam lambung
  • Mengurangi produksi asam lambung
  • Memperkuat pertahanan mukosa lambung

Tukak Peptik

  • Kerusakan/hilangnya jaringan mukosa, submukosa sampai lapisan otot
  • Meliputi :
    • Tukak Lambung : Tukak pada lambung
      ->Asam lambung normal / Asam lambung rendah
    • Tukak 12 Jari : Tukak pada usus 12 jari
      ->Asam lambung tinggi

Gejala :

  • Rasa nyeri yang tajam, perih, ~ terbakar di ulu hati
    -> dapat ditunjuk dengan 1 jari
  • Sebab : rangsangan asam lambung
  • Muntah darah (hematemesis)
  • Buang air berdarah (melena)

Perjalanan penyakit tukak peptik

Pada orang sehat terdapat suatu keseimbangan atara 2 faktor :
– Faktor perusak (agresif)
– Faktor pertahanan ( defensif )

  • Faktor perusak :
    Dapat merupakan faktor dari dalam dan dari luar lambung
  • Faktor pertahanan :
    Terdiri dari lapisan mukosa lambung dan zat kimia dalam lambung.

Bila terjadi gangguan keseimbangan antara faktor perusak dan pertahanan, maka akan terjadi gangguan pada selaput lendir lambung dan usus 12 jari.

Keadaan tidak seimbang dapat berupa :

  • Jumlah asam lebih banyak, sedangkan pertahanan mukosa dalam keadaan normal
  • Jumlah asam normal, tetapi pertahanan mukosa menurun
  • Kombinasi antara peningkatan jumlah asam dengan penurunan pertahanan mukosa

Pembagian sakit maag

Secara garis besar sakit maag ini dibagi 2 :

  • penyakit maag yang organik
  • penyakit maag fungsional

Pembagian ini dilakukan tentunya setelah melalui pemeriksaan terutama pemeriksaan endoskopi atau teropong saluran cerna dalam hal ini tentunya teropong saluran cerna atas. Dispespsia fungsional ditetapkan jika dengan pemeriksaan baik secara endoskopi, pemeriksaan ultrasonografi dan pemeriksaan laboratorium tidak ditemukan penyebab lain dari sakit maag tersebut.

Definisi Dispepsia atau sakit maag fungsional mutakhir yang dipublikasi tahun lalu oleh pakar dunia dibidang penyakit lambung menyatakan orang yang mempunyai masalah dengan maagnya berupa nyeri atau rasa panas di daerah ulu hati, rasa penuh atau tidak nyaman setelah makan dan rasa cepat kenyang yang telah berlangsung minimal selama 3 bulan dalam rentang waktu selama 6 bulan. Dari definisi ini jelas bahwa tentunya orang mempunyai sakit maag yang fungsional jika merasakan keluhan pada lambung sudah berlangsung lama.

Dispepsia fungsional ini memang sangat berhubungan erat dengan fator psikis. Berbagai penelitian memang telah membuktikan hubungan antara faktor fungsional dengan faktor stress yang dialami seseorang terutama faktor kecemasan (ansietas). Penelitian yang kami lakukan dan penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang fungsional ini lebih besar dari sakit maag yang organik yaitu mencapai 70-80 % kasus sakit maag. Tetapi tentunya, adanya kekerapan yang lebih besar dari sakit maag karena fungsional bukan kita selalu beranggapan kalau kita mempunyai masalah dengan maag kita selalu berhubungan dengan masalah stress. Karena tetap harus dipikirkan kemungkinan penyebab organik pada sakit maag tersebut.

Penyakit maag organic ditetapkan jika dalam pemeriksaan endoskopi ditemukan kelainan – kelainan pada organ lambungnya sendiri. Berbagai penyakit saluran cerna atas yang dapat ditemukan pada saat dilakukan pemeriksaan endoskopi atas adalah luka pada kerongkongan, tukak pada lambung dan atau usus dua belas jari. Selain itu adanya polip atau tumor ganas pada pemeriksaan endoskopi pasien dengan keluhan sakit maag tersebut juga merupakan sakit maag yang organik. Walaupun secara statistik adanya tumor pada saluran cerna bagian atas kemungkinannya kurang dari 1 %, kita harus tetap mewaspadai adanya kemungkinan kanker lambung pada pasien dengan keluhan sakit maag tersebut.

Beberapa penyakit lain yang juga berhubungan dengan saluran pencernaan kita yang dikatagorikan sakit maag, antara lain : Gastrooesophageal reflux disease (GORD).Gastroparesis dan Gastroparesis diabeticorum.

Gastroparesis
Gastroparesis di definisikan sebagai ketidakmampuan lambung untuk mengosongkan ruangan. Hal ini terjadi dimana makanan yang berbentuk benda padat tetap tertahan di perut/lambung. Banyak yang dapat menyebabkan gastroparesis, termasuk diantaranya penyakit yang tidak diketahui sebabnya, tapi penyebab yang paling umum adalah diabetes mellitus. Pada beberapa pasien dengan gastropareis, hanya cairan dan partikel berukuran lebih kecil dari 2mm yang bisa disalurkan atau dikeluarkan dari lambung, ini merupakan salah satu perkembangan penting untuk pengembangan obat bagi penyakit ini.

Gastroparesis diabeticorum
Pergerakan lambung yang tidak normal terjadi pada 60% pasien pengidap diabetes mellitus. Proses kosongnya lambung, dikontrol melalui saraf vagus. Pada pasien pengidap penyakit ini, pergerakan yang abnormal tersebut sangat nyata terlihat. Pylorospasm (tertahannya aliran pada lubang antara usus dan lambung) mungkin dapat terjadi dan mengakibatkan tertahannya pergerakan alur keluar dari lambung. Pengosongan cairan perut mungkin saja normal, tetapi pengosongan benda keras atau solid seringkali terlambat.

Disamping gejala tidak lancarnya aliran darah seperti rasa sakit yang ditimbulkan pada bagian atas perut, mual, perut terasa penuh, muntah-muntah setelah makan dan merasa cepat kenyang karena mual, konsentrasi perputaran glukosa dalam darah dapat terganggu dan saat tekanan gula darah meninggi dan mengganggu pengosongan perut, ada kemungkinan hal ini mempercepat menumpukan keton dalam darah sehingga zat asam dalam darah meninggi dan menyebabkan diabetes.

Penyebab terjadinya gangguan motorik lubang yang berada pada usus dan lambung tersebut (pathophysiology) masih belum ditemukan. Tingginya gula dalam darah (hyperglycaemia) dapat menyebabkan tertundanya pengosongan lambung. Gerakan terkonsentrasi plasma pernah dilaporkan pada pasien gastroparesis. Akan tetapi, ini mungkin proses tambahan, karena pengobatan dengan prokinetik dapat menyebabkan turunnya konsentrasi gerakan plasma.

Methods untuk mengkonfirmasi diagnosa keluar dari luka struktural seperti bisul atau penyempitan organ tersebut, para dokter biasanya menggunakan oesophago-gastroduodenoscopy (sejenis endoskopi untuk mengecek bagian pencernaan manusia), dilanjutkan dengan teknik untuk membantu pengosongan lambung. Sebagai tambahan, electrogastrography (EGG) mungkin digunakan untuk mematikan perubahan aktivitas gerakan motor lambung seperti tachygastria, yang biasa timbul pada penderita diabetes yang disebabkan oleh tidak mampunya lambung untuk mengosongkan ruangan (gastroparesis).

Tes yang digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosa dan membantu terapi penyembuhan penyakit ini termasuk diantaranya radiolabelled scintigraphy, 13C-acetate dan octanoate breath tes.

KESAKSIAN KESEMBUHAN SETELAH MINUM OU TEA

KESAKSIAN I

Nama : Tusmiati
Pekerjaan : Guru SMP 226 Pangkalan Jati Jaksel,
Telp : 021-7501270
Keluhan : Sakit Maag Kronis Setelah Minum Ou tea Sembuh Total

KESAKSIAN II

Nama : Maryanah
Alamat :Kp. Pengodokan Kaler RT 02/01 Ds. Kuta Bumi- Kec Pasarkemis Kab Tangerang – Banten
Telp : 0881706425
Pekerjaan : ibu rumah tangga
Keluhan : Lemah Jantung, Maag Kronis, Darah rendah.
Sumber: buku kesaksian ou tea

Sejak 5 tahun yang lalu (tahun2002) saya sakit maag dan makin bulan makin parah. Kalau berjalan kira-kira 300 sampai 500 meter terasa berat, napas terasa ngos-ngosan, mata berkunang-kunang, badan terasa lemas, berjalan kadang sempoyongan. Saya periksa ke Puskesmas atau ke bidan bahkan ke dokter sekalipun bisa sembuh sebentar tetapi cepat kambuh lagi., begitu seterusnya.
Sejak awal Mei 2007 saya dikenalkan teh kesehatan Ou Tea oleh bapak Eddy Kasim. Saya disarankan untuk minum berulang kali, awalnya saya ragu tetapi setelah saya pikir-pikir harus saya mulai, ternyata hasilnya sangat bagus sekali. Walaupun dulunya tidak percaya setelah terbukti saya baru percaya benar manfaat khasiat dari teh kesehatan ou tea. Terasa sangat jauh berbeda setelah saya menghabiskan 2 botol Ou Tea dan diminum sesuai aturan, perubahannya sangat luar biasa.
Sebelum minum Ou Tea badan kurus kering, tidak nafsu makan, dan jalan gemetaran. Sekarang jadi sehat, badan gemuk dan libido saya meningkat tajam. Ternyata teh kesehatan Ou Tea memang Dahsyat !!!

KESAKSIAN III

Nama        : Abdul Rahman
Tgl Lahir    : Kediri, 20 Juli 1968
Alamat      : Wonosalam Rt 06/Rw 01 Wonosalam
Telp          : (0291) 3307149
Pekerjaan   : Swasta (Dagang)

Pada tahun 1992, saya datang dari Kalimantan. Ternyata sayabawa banyak penyakit: badan lemas, panas dingin dan mag akut. Beberapa dokter sudah saya datangi. Ternyata setelah obatnya habis, penyakit saya kambuh lagi. Kalau musim hujan penyakit malaria saya sering kambuh, kepala pusing, menggigil, dan mudah capek. Pada tgl 14 Nopember 2005, Saya mencoba ou tea, beli di tempat bp. Sugiono, S.Pd. Selain saya minum saya juga coba jual ke teman2 saya. Setelah saya minum ou tea secara rutin, mag saya tidak kambuh lagi, nafsu makan bertambah, dan kerja jadi tambah semangat. Selain itu saya juga dapat penghasilan tambahan dari jualan ou tea. Berkat ou tea saya menjadi sehat dan mendapat menghasilan lumayan. Semoga Ou tea tatap jaya, berkembang dan masyarakat menjadi sehat. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s