Stress pasti pernah dialami oleh kebanyakan orang, siapa pun dia dan apapun statusnya. Tapi 10 kejadian dalam hidup ini diyakini merupakan penyebab paling sering yang membuat orang stres. Apa saja :

  1. Kematian pasangan
  2. Perceraian
  3. Pisah ranjang atau marriage separation
  4. Kurungan penjara
  5. Kematian anggota keluarga atau teman terdekat
  6. Cedera atau penyakit
  7. Pernikahan
  8. Kehilangan pekerjaan atau dipecat
  9. Pertengkaran dengan pasangan atau keluarga
  10. Pensiun atau perubahan status keuangan

Memiliki sifat pekerja keras atau yang dikenal dengan Workhaholic. Memang baik untuk mengukur produkstivitas kerja, namun tidak untuk kesehatan.Pasalnya workhaholic selain dapat menimbulkan stres karena berpacu dengan deadline juga dapat menimbulkan penyakit kronik mulai dari gangguan pencernaan hingga jantung.

Berdasarkan riset, gangguan pencernaan yang dialami workaholic biasanya disebabkan karena tidak teraturnya pola makan. Tak hanya itu, rasa cemas yang berlebihan juga merupakan sumber utama penyebab sakit maag. Rasa cemas yang diikuti stres dapat mempengaruhi sistem saraf pusat sehingga mengakibatkan gangguan motilitas (gerakan) lambung.

Beban pekerjaan yang berlebih membuat pola hidup dan pola makan berubah. Dari sini muncullah rasa khawatir yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan keluhan fisik.  terjadi hubungan yang kuat antara otak manusia dengan lambung (Brain Gut Axix). Dimana, ketika otak bekerja dengan keras dan kurang tidur akan mengakibatkan beberapa gangguan pencernaan diantaranya diare, asam lambung meningkat hingga depresi. Tergantung daerah mana yang saat terjadinya stres rentan terkena penyakit.

Namun, dari beberapa penelitian, akan terlihat dampak negatif dari orang yang workaholic dengan ganggunan lambung. Manurut praktisi kesehatan dari Universitas Indonesia itu, penyebab utama dari gangguan lambung adalah pola makan yang tidak teratur, penggunaan obat-obatan seperti obat pengurang rasa sakit, infeksi, cemas atau depresi hingga komplikasi dengan penyakit lain. Stres yang kerap muncul akibat pekerjaan bisa memicu gangguan lambung, tepatnya pada usus dua belas jari. Gangguan lainnya bisa menyerang bagian usus besar yang apabila dibiarkan akan muncul peradangan atau infeksi. secara teknis rasa cemas akibat pekerjaan menyebabkan saraf simpatis bekerja lebih aktif menstimuli hormon cathecholamin. Alhasil hormon tersebut akan meningkat dan menyebabkan sekresi asam lambung melonjak pula. Rasa cemas mempengaruhi sistem saraf pusat melalui saraf vagus, mengakibatkan gangguan motilitas lambung.

Cara pencegahaan

Jika stres sebagai penyebab gangguan lambung biasanya akan dilakukan beberapa prosedur diagnosis. Para dokter terlebih dahulu akan mencari tahu riwayat timbulnya penyakit pada si penderita. Tahap selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium.

Biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan gastroduodenoskopi dan biopsi yang kemudian dilanjutkan dengan diagnosis banding dengan kasus gangguan lambung akibat sebab lainnya. Kemudian menyarankan agar gangguan lambung dicegah dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Memperbaiki pola hidup sebaiknya termasuk mengerjakan tugas dengan rileks dan tepat waktu.Dengan bekerja rileks maka akan jauh dari rasa cemas dan stres yang berpotensi menimbulkan penyakit. Tapi tugas itu juga dikerjakan dengan baik dan diikuti pikiran positif, yakni berharap mendapat hasil yang baik.

Stres yang timbul bisa mempengaruhi hampir seluruh tubuh mulai dari fisik, psikologis hingga pola pemikiran seseorang. Jika hal ini terus menerus terjadi maka bisa menimbulkan dampak yang lebih serius lagi.
Ada beberapa gejala yang sering terjadi ketika orang sedang dilanda stres :
  1. Efek pada tubuh Sakit kepala, otot, dada, cepat lelah, perubahan gairah seks, sakit perut, maag, serta gangguan tidur.
  2. Efek pada suasana hati Gelisah, kurang motivasi, tidak fokus, lekas marah, sedih dan depresi.
  3. Efek pada perilaku Makan terlalu banyak atau bahkan tak mau makan, sering marah-marah, penyalahgunaan obat atau alkohol, penggunaan tembakau atau merokok dan penarikan sosial.
Lantas bagaimana mengatasinya?

Jangan biarkan stres berlama-lama membelenggu diri Anda karena jika tidak segera diatasi akan berkembang menjadi depresi yang merugikan kesehatan. Jika mulai muncul gejala stres, atasi dengan cara yang cepat, mudah dan alami.

Gejala stres dapat diatasi dengan mudah dan cepat, bahkan Anda hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk meredakannya. Berikut solusi cepat untuk meredakan stres :

1. Minum teh hitam ( OU TEA )
Teh hitam telah terbukti menurunkan kadar hormon stres (kortisol) dalam tubuh. Para peneliti di Inggris telah menemukan bahwa orang yang minum teh hitam lebih cepat mengatasi stres daripada orang yang minum teh jenis lain.

Teh hitam mengandung Theanin, katekin, polifenol, flavonoid, dan asam amino yang mempengaruhi neurotransmitter otak dan mengurangi kadar kortisol.

2. Makan kacang
Jika Anda merasa banyak pikiran, jangan meraih makanan cepat saji untuk meredamnya tetapi ambillah segenggam kacang sebagai gantinya. Kacang mengandung tryptophan dan magnesium, dua nutrisi kunci yang mendukung produksi serotonin. Kacang almond cepat meredakan stres karena kandungan vitamin B, zinc, vitamin E dan antioksidan di dalamnya.

3. Menggosok telinga
Menurut ilmu Ayurveda yang telah dipercayai selama 5.000 tahun di India, menggosok telinga dapat meringankan stres karena memiliki efek yang hampir sama dengan akupuntur. Gosoklah masing-masing telinga berkeliling untuk meredakan ketegangan dengan cepat.

4. Mencium wangi aromaterapi
Aromaterapi memiliki efek menenangkan yang dapat menjinakkan ketegangan dalam waktu singkat. Aroma lavender, chamomile, lemon dan geranium terbukti dapat meredakan stres dengan cepat.

Tempatkan beberapa tetes minyak esensial pada bola kapas dan gantunglah didekat jendela atau ventilasi agar aromanya menyebar ke seluruh ruangan ketika diterpa semilir angin. Hal ini akan membuat Anda jauh lebih tenang.

5. Mengambil vitamin C
Para peneliti di University of Alabama mengatakan bahwa vitamin C mengurangi kadar hormon stres dalam darah, yang dapat mengurangi respon tubuh terhadap stres. Studi menunjukkan bahwa 1.000 mg vitamin C dapat membantu menenangkan diri Anda dalam sekejap.

6. Memijat pangkal kepala
Lakukan pijatan akupresur sendiri untuk mengatasi stres dengan cara menempatkan jari kiri pada dasar kepala belakang, kemudian bergerak ke bawah selebar satu jari, lalu pindahkan ke kiri selebar satu jari. Posisikan jari kanan Anda di tempat yang sama di sisi kanan. Tekan kedua titik selama satu sampai tiga menit.

7. Makan buah beri
Stroberi, blueberi dan jenis buah beri lainnya mengandung beberapa antioksidan alami terkuat dan kaya akan vitamin C sehingga mampu mengendalikan stres. Stres menyebabkan tubuh melepaskan molekul oksigen radikal bebas yang dapat diatasi oleh manfaat antioksidan buah beri untuk menetralkan molekul-molekul berbahaya.

8. Menerapakan pose yoga
Para ahli merekomendasikan untuk melipat tangan seperti sedang berdoa di belakang punggung, lalu tarik hingga ke bahu, miringkan kepala Anda dan kembalilah ke posisi semula sambil menarik napas dalam-dalam. Gerakan ini akan membuat Anda rileks dan terbebas dari stres dalam waktu yang sangat singkat.

9. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks meningkatkan kadar serotonin dan menjaga seseorang agar tetap tenang dan relaksasi untuk jangka waktu yang lama. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks termasuk roti gandum, oat dan beras merah serta kacang-kacangan seperti kacang polong.

10. Latihan otot selama 10 kali perulangan
Push up, sit up atau melompat hingga 10 kali perulangan yang membuat darah mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu melepaskan endorfin, yang merupakan pereda stres alami.

11. Tertawa
Menurut studi di University of California, tertawa ketika stres dapat meningkatkan produksi hormon penghilang stres dan menyebabkan efek relaksasi yang dapat bertahan hingga 24 jam. Bacalah komik lucu atau menonton acara komedi di TV untuk memancing hasrat ingin tertawa.

12. Makan makanan yang dapat memperbaiki mood
Makanan-makanan tertentu mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh memproduksi zat kimia pada saraf untuk meningkatkan suasana hati. Makanan berikut telah terbukti memiliki efek menenangkan antara lain biji labu, kacang, bayam dan cokelat, pepaya, dan pisang.

REKOMENDASI PENGOBATAN :

Minum Teh Hitam Ou Tea Untuk Mengurangi Tingkat Stress

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s