Perkembangan teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penghasilan dari usaha yang sudah dijalani saat ini, dengan berbisnis online. Dengan berjualan secara online maka secara tidak langsung akan membantu untuk mempromosikan usaha Anda dengan lebih cepat, mudah, dan murah.

“Pada dasarnya semua orang bisa menjadi pengusaha online, dengan berbagai kreativitas produk yang mereka miliki maka usaha online ini akan jauh lebih menguntungkan.

Pengusaha harus semakin jeli untuk menangkap berbagai situasi dan kondisi yang sedang terjadi di sekitar. Berbagai kemudahan yang ditawarkan melalui penjualan online ini mampu meningkatkan antusiasme pembeli untuk mengakses website usaha Anda. Bahkan  belakangan ini, belanja online ini sudah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat khususnya perempuan.  Sekarang ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mampu mengakses internet. Namun jumlah orang yang memiliki jiwa wirausaha dengan memanfaatkan teknologi ini masih terbilang sedikit. Menurut data Badan Pusat Statistik, dari 17 juta UKM di Indonesia hanya 75.000 yang sudah memiliki website sendiri.

Padahal lebih dari 40 juta penduduk Indonesia menggunakan internet secara rutin. Lebih dari 130 juta masyarakat mengakses internet melalui ponsel untuk mencari toko dan layanan lokal. Mereka umumnya menggunakan internet untuk mencari informasi seputar hiburan, tempat makan, berita, atau informasi untuk berbelanja. “Ada baiknya untuk lebih maju, UKM dan wirausaha lainnya dengan mulai memasarkan produk mereka secara online, agar bisa bersaing dengan produk luar dan global.

Peluang Bisnis Tiket Pesawat

Mengapa harus go online

Pengusaha dapat meraup lebih banyak keuntungan dengan go online. “Bisnis online ini sebenarnya mudah dilakukan oleh siapa saja terutama perempuan. Dengan bisnis online mereka bisa mengurus keluarga sambil berbisnis tanpa harus terlalu sibuk di luar rumah dan mengabaikan keluarga.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM dari total kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, 60 persen UKM saat ini dikelola oleh pengusaha perempuan. Tak heran jika berbagai keuntungan yang ditawarkan dengan menjadi pebisnis online ini bisa sangat diminati dan jadi peluang usaha tersendiri untuk para perempuan.

Tak hanya pengusaha perempuan, bisnis online juga memiliki segmen pasar yang luas termasuk dari kalangan perempuan itu sendiri. Pada dasarnya para perempuan memiliki berbagai keunggulan untuk berbisnis karena perempuan sendiri lebih peka terhadap berbagai produk perempuan seperti sepatu, baju, tas, makanan dan lainnya yang bisa dipasarkan secara online untuk meraup keuntungan yang besar.

Mengenai potensi pasar kaum hawa, desainer sepatu yang melibatkan 80 UKM dalam bisnisnya, “Bisa dibilang masyarakat Indonesia ini sangat konsumtif terutama perempuan. Sehingga sebenarnya masih banyak peluang yang bisa ditawarkan untuk para perempuan oleh perempuan itu sendiri,”

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh bisnis online adalah Anda tak harus memiliki atau bahkan menghabiskan uang untuk menyewa toko. Tak hanya itu,bisnis online juga minim risiko. Jika produk yang Anda tawarkan tidak menarik minat pembeli, risiko kerugian lebih rendah. Pasalnya, sebagian besar produk bisnis online hanya berdasarkan pesanan yang masuk.

Tak hanya itu, bahkan dengan menjadi pengusaha online ini Anda tak membutuhkan modal promosi atau beriklan, karena sampai saat ini sudah banyak penyedia layanan yang memberikan kebebasan untuk membuat website Anda sendiri secara gratis. Fleksibilitas waktu kerja dan juga toko yang “selalu buka 24 jam” menjadi salah satu keunggulan bisnis online.

“Tampilan dari website membuat gambar dan informasi seputar produk menjadi lebih menarik dan dapat dilihat selama 24 jam oleh masyarakat di seluruh dunia.

Survei yang dilakukan terhadap 200 UKM di Indonesia menunjukkan, 29 persen penjualan UKM per tahun merupakan hasil usaha online. Fakta ini dimuat dalam Deloitte Access Economics: The Connected Archipelago: The Role of the Internet in Indonesia’s Economic Development tahun 2011. Ketika sebuah usaha sudah go online, maka secara otomatis usaha ini akan terhubung ke seluruh penjuru dunia. UKM yang menggunakan teknologi internet ini mampu berkembang dan mengekspor produk dua kali lipat lebih besar dari UKM lainnya yang tidak menggunakan internet untuk bisnisnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sampai saat ini 10 persen produktivitas UKM meningkat akibat penggunaan internet.

Perangkat komputer dan sambungan internet kini menjadi hal umum yang dimiliki sebagian masyarakat. Karena punya dua hal tersebut, banyak orang kemudian mulai berpikir bagaimana bisa meghasilkan uang secara online.

Biasanya ada yang bertanya adakah bisnis di internet yang tidak memerlukan modal untuk memulainya?

Internet memang menawarkan banyak peluang baru untuk meraih income. Sebagian bahkan tidak memerlukan tambahan investasi baru untuk mengawalinya.

Meski tanpa modal uang, tidak berarti kita bisa dapat duit di internet tanpa keterampilan dan tanpa kerja.

Umumnya, bisnis online butuh modal lain seperti berbagai macam keterampilan dan jaringan pertemanan. Sebagai contoh, jika anda terampil menulis dalam bahasa inggris banyak sekali peluang untuk mendapat penghasilan dengan upah dolar.

Berikut ini adalah beberapa cara bisnis online atau menghasilkan uang di internet berdasarkan pengalaman penulis. Beberapa tautan dari sumber lain diberikan sebagai bahan referensi :

1. Dropshipping
Sederhananya, dengan model dropshipping kita bisa jualan tanpa perlu memiliki stok barang dan melakukan pengiriman (shipment) sendiri.

Kita hanya perlu berjualan seperti di facebook atau blog dengan modal katalog dan daftar harga (price list) dari perusahaan dropshipper/supplier. Jika ada pembeli dan sudah melakukan pembayaran, barulah kita memesan barang tersebut kepada supplier.

Kelebihan dropshipper ini, si perusahaan dropshipper/supplier tadi akan mengirimkan barang tersebut “seolah-olah” dikirim langsung dari tempat kita. Label toko dan alamat pada kemasan barang adalah sesuai pesanan kita, bukan punya si supplier.

Model dropshipper ini tanpa modal karena kita hanya akan memesan setelah ada order masuk dan pembayaran dari pembeli diterima.

Saat ini jumlah toko dan penjual yang menawarkan bisnis dengan cara dropshipping ini semakin banyak. Anda bisa mencarinya di komunitas online seperti Toko Bagus, Kaskus, atau cari lewat mesin pencari Google.

Dengan dropshipper kita bisa jualan banyak barang tanpa gudang, tanpa stok, dan tanpa repot antre di jasa kurir. Yang diperlukan hanyalah kehatian-hatian dalam memilih supplier agar terhindar dari penipuan dan pandai-pandailah menggaet calon pembeli di internet.

2. Produsen Konten
Pada zaman multimedia seperti sekarang, kita bisa menghasilkan uang dari semua jenis konten baik teks, gambar/foto, video, dan audio yang kita hasilkan.

Konten digital tersebut bisa kita jual langsung kepada konsumen atau lewat situs-situs perantara (agency). Satu-satunya modal yang dibutuhkan adalah keterampilan: seperti menulis artikel, membuat desain, memotret, membuat video atau musik.

Jika suka menulis dan pengetahuan yang mungkin berharga buat orang lain, mulailah dengan membuat blog gratis. Jika pengunjung blog lumayan banyak kita bisa memperoleh penghasilan dari iklan.

Untuk jualan foto, desain grafis, dan audio kita bisa memasukkannya ke situs-situs microstock. Sementara untuk video bisa memasukkannya ke YouTube dan mendapat uang dari iklan.

Untuk memperoleh penghasilan yang lumayan kita harus mampu memproduksi konten dalam jumlah yang banyak. Lewat microstock hasil karya kita hanya dihargai beberapa dolar saja, tapi kalau konten yang kita jual berpotensi menghasilkan ribuan dolar per bulannya.

Beberapa contoh sukses antara lain bisa dibaca: Mendapatkan Ribuan Dollar/bulan Hanya dari Ilustrasi Vector dan Sharing bisnis stock photography (microstock) untuk mata pencaharian.

3. Makelar
Meski sebagian fungsi makelar menjadi sirna akibat kehadiran internet, tetapi internet juga melahirkan fungsi makelar baru, antara lain yang populer disebut affiliate.

Salah satu program affiliate yang terkenal adalah yang ditawarkan ritel online Amazon. Toko online terbesar ini memberikan komisi 4-15% dari harga jual barang apabila anda mereferensikan pembeli kepada mereka.

Affiliate ini sekarang menjadi lazim baik untuk perusahaan maupun individu yang menjual produk di internet.

Cara kerjanya sederhana: anda tinggal mendaftar di situs mereka; lalu mempromosikan link affiliate di status facebook atau blog; dan kalau ada yang klik serta orang tersebut membeli produknya maka kita berhak mendapatkan komisi afiliasi.

Umumnya ikut program affiliate ini gratis. Untuk bergabung, periksalah website yang anda kunjungi apakah mereka menawarkan program afiliasi.

4. Freelance
Di internet kita saling terhubung dan bergaul dengan banyak orang secara virtual. Pergaulan jarak jauh itulah yang membuka peluang untuk menawarkan jasa-jasa yang kita miliki dengan pasar yang amat luas.

Kunci dari freelance ini kita punya skills yang bisa dijual. Sedangkan untuk mendapatkan klien bisa mencarinya langsung atau lewat situs-situs yang menjadi marketplace kaum freelancer.

Salah satu situs yang populer yaitu fiverr.com di mana kita bisa menawarkan berbagai macam jasa seharga $5 saja. Untuk situs lokal, ada Sribu bagi anda yang ingin menawarkan jasa desain grafis.

Freelance di internet ini sebenarnya tidak terbatas. Sepanjang masih bisa dikomunikasikan dan jasanya di-deliver lewat internet, maka kita sudah bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan tanpa modal sama sekali.

5. Jualan
Jika kita punya barang-barang yang sudah jarang dipakai dan tidak kita butuhkan lagi, kita bisa menjadikannya uang dengan menjualnya lewat internet.

Jualan barang bekas ini sangat mudah dan cepat karena kita tinggal menawarkannya di tempat jual beli online yang banyak tersedia seperti di situs FJB Kaskus atau Bekas.com. Bisa juga kita melelangnya kepada teman-teman yang ada di facebook.

Jika barang koleksi kita sudah habis, kita bisa menghubungi tetangga atau orang yang kita kenal, lalu membantu menjualkan barang-barang bekas mereka di internet dengan imbalan sepantasnya.

Jika sudah bisa dan pengalaman jualan barang-barang yang kita miliki, selanjutnya anda tinggal pergi ke pasar atau pertokoan di dekat rumah dan cari penjual yang mau bekerjsama menjualkan barang-barang baru dari toko mereka.

Bisnis online tanpa modal ini tentu saja butuh proses belajar dan ketekunan untuk mewujudkannya. Mudah bagi sebagian orang belum tentu bagi yang lain.

Carilah model bisnis yang paling sesuai keinginan dan keterampilan yang kita dimiliki. Jangan sekadar ikut-ikutan, apalagi hanya tergiur dengan penghasilan orang lain.

Pada batas tertentu model bisnis online gratis tanpa modal ini bisa bekerja dalam artian bisa menghasilkan uang. Tapi jangan lupa untuk menginvestasikan kembali (reinvestasi) sebagian hasilnya dalam bentuk modal fisik dan non-fisik (keterampilan).

Karena dengan begitu kelak kita bisa membangun bisnis online yang sesungguhnya.

LAYANAN INFORMASI KESEHATAN DAN BISNIS ONLINE 

INFORMASI KESEHATAN KLIK LINK DI BAWAH INI :

  1. Panduan Cara Cepat Untuk Hamil
  2. Panduan Tes Psikologi No.1 Di Indonesia

INFORMASI BISNIS ONLINE KLIK LINK DI BAWAH INI :

  1. Jurus Cerdas Berinvestasi Berkebun Emas
  2. Cara Cerdas Beli Properti Tanpa Modal Sendiri
  3. Cara Cepat Membuat Blog WordPress Untuk Pemula
  4. Cara Cepat Membuat Website
  5. Affiliate Site Blueprint Home Study Course
  6. Rahasia Mendapatkan Keuntungan Dari Forex Trader
  7. Rahasia Mengeruk Dollar Amazon dan Google Adsense
  8. Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil

MEMBUKA PASSWORD Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil 

Copy paste : triagung86

Kembali Ke Daftar Isi Artikel Bisnis Dan Investasi

BACK HOME

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s