Apakah Anda pernah khawatir ketika merasa diri Anda terlalu pemalu atau pendiam untuk sukses di dunia profesional? Anda tidak perlu pintar berbicara agar memiliki karier yang sukses — tipe pemalu juga dapat berkembang dalam karier sebagai berikut.

Tenang saja. Ada banyak jenis karier tempat orang pemalu bisa bersinar.

“Sebagai orang yang pendiam, pemalu, atau introvert, Anda masih bisa sukses di bermacam jenis karier di dunia bisnis, sains pendidikan, pemerintahan, kesenian, dan lembaga nirlaba,” kata Nancy Ancowitz, seorang pelatih bidang komunikasi bisnis dan penulis dari buku “Self-Promotion for Introverts”.

“Cari tahu karier mana yang menguntungkan sifat pendiam Anda — seperti membaca, penelitian, menulis, yang butuh banyak konsentrasi, dan memecahkan masalah secara individual,” tambah Ancowitz.

Simaklah enam karier yang mendukung sifat pendiam Anda. Untuk membantu Anda dalam memilih, kami juga menuliskan pilihan pendidikannya.

1. Akuntan

Jika Anda menikmati berkonsentrasi dalam kesunyian saat mengerjakan perhitungan matematika dan berkutat dengan data, cobalah mengejar karier sebagai akuntan.

Sebagai seorang akuntan, Anda akan berurusan dengan perhitungan pembayaran pajak untuk klien, mengatur catatan finansial, dan menyiapkan laporan finansial. Anda juga bisa memberi saran kepada perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan laba.

Kenapa ideal untuk tipe pendiam? “Individu dan bisnis selalu membutuhkan seseorang untuk mengatur masalah finansial mereka,” kata Ancowitz. “Jika Anda adalah tipe pendiam yang mahir berurusan dengan angka, Anda mungkin cocok untuk menyiapkan dan menganalisa laporan finansial dan catatan pajak. Sebagai tipe ‘pekerja’ dan bukan ‘tukang bicara’, Anda bisa bernilai lebih besar untuk sebuah organisasi dengan banyak diam dan berkutat dengan angka daripada berbicara terus-menerus.”

Anda setidaknya perlu memiliki gelar sarjana di bidang akuntansi atau bidang yang berhubungan untuk mengejar karier sebagai akuntan. Bila Anda memiliki sertifikat sebagai akuntan publik, kemunginan prospek Anda tambah lebar dalam mendapatkan klien.

2. Programmer

Apakah Anda berpikir bahwa duduk di depan komputer cocok dengan sifat pendiam Anda? Cobalah mengejar karier sebagai programmer.

Anda mungkin diharuskan untuk menulis kode dalam bahasa komputer seperti C++ dan Java untuk menciptakan program perangkat lunak. Anda juga bisa menguji sebuah program untuk memastikannya berjalan dengan baik, dan memperbaiki kode untuk mengatasi masalah yang ditemukan.

Kenapa ideal untuk tipe pendiam? “Tidak pandai berbicara? Cobalah berpikir sebagai pembicara komputer,” kata Ancowitz. “Kesukaan Anda menghadapi tugas yang kebanyakan orang menganggapnya sulit adalah salah satu kelebihan Anda. Keahlian teknis, keteguhan, dan kemampuan menyelesaikan masalah Anda.”

Persiapan untuk karier tersebut? Kebanyakan programmer memiliki gelar sarjana teknik komputer atau sejenisnya. Beberapa perusahaan juga mempekerjakan diploma.

3. Teknisi catatan medis dan informasi kesehatan

Jika Anda tertarik dengan dunia kesehatan yang tengah melonjak, tetapi lebih senang bekerja di belakang layar daripada berhadapan langsung dengan pasien, berkarier di bidang teknisi catatan medis dan informasi kesehatan mungkin cocok.

Sebagai teknisi catatan medis dan informasi kesehatan, Anda bertugas meninjau catatan kesehatan supaya lengkap dan akurat. Anda juga dapat bekerja menggunakan perangkat lunak khusus untuk memberi kode khusus atas tiap prosedur atau kondisi.

Kenapa ideal untuk tipe pendiam? “Jangan pendam bakat Anda menyelesaikan tugas yang membutuhkan perhatian akan detail, yang sebagian besar dilewatkan oleh orang lain,” kata Ancowitz. “Anda dapat menjadi aset berharga suatu perusahaan dengan memperhatikan perbedaan apa yang dapat diakibatkan oleh sebuah angka nol.”

Persiapan untuk karier tersebut? Pilihan pendidikan untuk karier tersebut membutuhkan paling tidak gelar diploma dalam bidang teknologi informasi dari sebuah program terakreditasi.

4. Pemijat

Apakah Anda menikmati suasana tenang dan santai di sebuah spa? Cobalah mengejar karier sebagai pemijat, tempat Anda akan dapat bekerja dikelilingi suasana seperti itu.

Anda akan berbincang dengan klien untuk mengetahui keluhan mereka, atau di mana mereka merasa pegal, lalu memijat otot yang kencang tersebut agar mereka merasa nyaman. Anda juga bisa memberi saran kepada klien bagaimana melakukan peregangan yang baik, cara bersantai, atau bahkan kiat memperbaiki postur tubuh mereka.

Kenapa ideal untuk tipe pendiam? “Sebagai pemijat, Anda akan lebih banyak beradu otot, tetapi jika Anda memiliki jiwa yang tenang, Anda cocok untuk karier yang menenangkan tersebut,” kata Ancowitz. “Tentu saja, Anda akan berinteraksi dengan satu orang dalam kurun waktu tertentu. Menggunakan pengetahuan Anda akan fisiologi tubuh manusia dan digabung dengan teknik pemijatan, Anda akan membantu memulihkan dan menenangkan klien. Pasti Anda akan berbicara dengan klien, tetapi dalam lingkungan yang tenang.”

Persiapan untuk karier tersebut? Anda dapat mulai dengan mengikuti program terapi pijat untuk mendapatkan sertifikat.

5. Desainer grafis

Jika Anda senang menghabiskan berjam-jam merancang sesuatu, cobalah mengejar karier di bidang desain grafis.

Sebagai seorang perancang grafis Anda akan diminta menciptakan konsep visual untuk mengirimkan pesan dari klien Anda kepada khalayak target klien. Bagian dari pekerjaannya bisa termasuk membuat logo, ilustrasi, atau situs web yang desainnya dirancang oleh tangan Anda sendiri atau oleh program komputer.

Kenapa ideal untuk tipe pendiam? “Apakah Anda senang memvisualisasikan pikiran Anda dalam bentuk, pola, dan warna daripada dengan kata-kata? Itu akan menjadi aset berharga jika anda berniat mengejar karier di bidang desain grafis,” kata Ancowitz. “Jika Anda melihat dunia dengan mata Anda terlebih dahulu, Anda dapat membuat semuanya menjadi lebih cantik sebagai perancang grafis.”

Persiapan untuk karier tersebut? Perancang grafis biasanya mengantongi gelar sarjana desain grafis. Jika Anda sudah memiliki gelar di bidang lain, cobalah mengikuti pelatihan teknik desain grafis.

6. Pencatat persidangan

Apakah Anda lebih senang jadi orang yang tidak dilihat daripada jadi pusat perhatian? Apakah Anda mudah berkonsentrasi dalam suasana ramai? Cobalah mengejar karier sebagai pencatat persidangan.

Sebagai pencatat persidangan, Anda akan merekam perbincangan, testimoni, atau pernyataan menggunakan alat perekam. Anda juga akan mengedit transkrip atas kesalahan tulisan, menyediakan salinan transkrip, dan membuat catatan hukum yang lengkap dan akurat.

Kenapa ideal untuk tipe pendiam? “Pencatat persidangan membutuhkan campuran keahlian langka – seperti mendengarkan dengan fokus, konsentrasi tingkat tinggi, ketepatan, bisa mengoperasikan komputer dan alat lainnya, dan keahlian bahasa — yang biasanya dimiliki oleh orang bertipe pendiam,” kata Ancowitz.

Periapan untuk karier tersebut? Salah satu pilihannya adalah program sertifikasi akan alat steno atau perekam digital. Atau Anda dapat belajar menggunakan mesin ketik steno dalam sebuah program diploma. Setelah Anda lulus, Anda mungkin diharuskan mengambil ujian untuk sertifikasi. Cobalah cari tahu persyaratan di negara Anda untuk penjelasan lebih lanjut

LAYANAN INFORMASI KESEHATAN DAN BISNIS ONLINE 

INFORMASI KESEHATAN KLIK LINK DI BAWAH INI :

  1. Panduan Cara Cepat Untuk Hamil
  2. Panduan Tes Psikologi No.1 Di Indonesia

INFORMASI BISNIS ONLINE KLIK LINK DI BAWAH INI :

  1. Jurus Cerdas Berinvestasi Berkebun Emas
  2. Cara Cerdas Beli Properti Tanpa Modal Sendiri
  3. Cara Cepat Membuat Blog WordPress Untuk Pemula
  4. Cara Cepat Membuat Website
  5. Affiliate Site Blueprint Home Study Course
  6. Rahasia Mendapatkan Keuntungan Dari Forex Trader
  7. Rahasia Mengeruk Dollar Amazon dan Google Adsense
  8. Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil

MEMBUKA PASSWORD Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil 

Copy paste : triagung86

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s