Darsono, pendiri Universitas Pamulang (Unpam). Pria kelahiran Bantul, Yogyakarta ini berasal dari keluarga tidak mampu. Hal inilah yang membuatnya hampir saja tidak mengenyam bangku sekolah. Darsono juga sempat dilarang untuk meneruskan sekolahnya.
Namun Darsono tidak patah semangat dalam meraih dan mengejar cita-citanya. Ia rela menjadi buruh di tempat pembuatan batu bata merah agar bisa mendapat biaya untuk melanjutkan sekolahnya. Hal yang sama ia lakukan pada saat hijrah ke Jakarta. Ia menjadi buruh, berdagang elektronik, serta menjadi guru.
Dari beberapa kisah sukses diatas, bolehlah kita tanyakan, apakah masa remaja mereka dihabiskan dengan galau, galau dan galau? Apa galau termasuk dalam kamus sukses mereka?
Otak, akan merekam suatu peristiwa (kata-kata) yang dilakukan berulang-ulang dan akan meninggalkan jejak-jejak pada pikiran kita. Karena itu, biasakan mendengar (berkata) dan melihat hal-hal yang baik, yang dapat memacu motivasi diri ke arah yang lebih baik. Bukan sebaliknya.
Motivasi atas perjuangan Bpk. H. Darsono membuka Unpam dari nol hingga seperti sekarang. Semangat yang ditunjukannya patut ditiru, seperti halnya semangat banyak mahasiswa Unpam lainnya yang tetap terus melanjutkan kuliah dengan segala keterbatasannya. Ketika kemauan diikuti usaha yang keras, maka hasilnyapun menjadi nyata.
Pada hari jumat  tanggal 01 Juni 2012, penulis melihat acara di Metro Tv yaitu Kick Andy. Tak disangka ternyata bapak Darsono selaku pendiri Universita Pamulang dijadikan sosok untuk topik yang bertajuk “Balas Dendam Pendidikan”. Bagi Darsono  tidak ada alasan orang tidak bisa kuliah di perguruan tinggi karena mahalnya biaya kuliah. Pria berusia 57 tahun berasal dari Yogyakarta  itu mendirikan Universitas Pamulang yang terletak di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Mahasiswa Unpam sebagian besar dari kalangan tidak mampu antara lain mereka yang berprofesi sebagai office boy, kuli bangunan dan pemulung. ”Bahkan salah satu alumninya yang berprofesi sebagai pemulung telah berhasil lulus dan kini menjadi dosen di Unpam,” ujar Darsono. Motivasi mendirikan universitas yang murah bagi Darsono adalah obsesinya karena dendam masa lalunya yang kesulitan ketika bersekolah. Ia mengaku terpaksa pergi dari rumah, diusir ayahnya karena ngotot ingin sekolah. Darsono yang merantau ke Jakarta terlunta-lunta dan pernah menjadi office boy di salah satu perusahaan di Jakarta. Berkat keuletan dan ketelatenan yang penuh perjuangan cita-cita Darsono berhasil mendirikan Universitas Pamulang. Biaya kuliah di Unpam menurut Darsono sangat murah. Mahasiswa bisa mengangsur uang kuliahnya selama satu semester Rp 100 ribu per bulan.

Kisah Bapak Darsono Dalam Tayangan Kick Andy

Dahsyatnya Universitas Pamulang

UNIVERSITAS PAMULANG

Alamat : Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat, Tangerang Selatan – Banten, 15417

Lokasi Alamat Universitas Pamulang

6 responses »

  1. SEMOGA dapat menjadi pengingat bagi para pengajar dan lembaga pendidikan agar tidak sombong dengan kedirianya dan meremehkan orang lain, dan menjadi cambuk untuk pengelola negeri ini…dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, lillah,fillah, billah….

  2. Tukul Riyanto says:

    Sungguh luar biasa, motivasi untuk hal yang positif implikasinya akan banyak bermanfaat kepada orang lain. semoga unpam tetap menjadi perguruan tinggi yang murah dan terjangkau.

  3. olin says:

    bisa murah begini bagaikan langit bumi dengan universitas universitas lain,mbok ya yang lain jangan terlalu komersil,,,lihat jg kebawah jgn keatas terus,,berbuat kebaikan lebih membuat batin lebih tenang

  4. Agus says:

    Saya bangga dengan Bpk. H Darsono karena dari hasil jerih payahnya beliau bisa mendirikan sekolah dan Kampus Universitas Pamulang yang biayanya terjangkau oleh rakyat yang tidak mampu, agar dapat meneruskan pendidikan ditingkat tinggi.

    Tetapi kenapa pemerintah tidak bisa, padahal dana anggaran negara kita itu sangatlah besar…???

    ~Seharusnya Pendidikan itu harus ditingkatkan dan harus menyeluruh, jangan cuma karena kekurangan biaya anak bangsa kita jadi terputus pendidikannya

    Semoga ini dapat menjadikan contoh untuk para pemimpin bangsa indonesia pada saat ini, agar semakin peduli akan pendidikan…
    Amin…Amin…yarobalalamin…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s